SMA Negeri 3 Bandung

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. 

 

EKSTRAKULIKULER WAJIB

PRAMUKA 3

Pramuka atau Praja Muda Karana berarti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka berkaitan erat dengan ketangguhan, keberanian, serta memiliki kepribadian baik dan aktif dalam pembangunan di masyarakat. Melalui Pramuka, para anggota dapat mengembangkan dan memaksimalkan potensi mereka di banyak bidang, seperti fisik, sosial, spiritual, keterampilan, dan lain-lain. Pramuka memiliki pedoman hidup yang disebut Tri Satya dan Dasa Darma.

PMR 3

PMR Tiga merupakan ekstrakulikuler yang dibentuk pada tanggal 18 Desember 1987. Ekstrakulikuler ini dibentuk atas dasar rasa kepedulian terhadap sesama. PMR Tiga mempunyai tujuan untuk menolong dan membantu warga tiga dalam bidang kesehatan secara sukarela atas dasar rasa kemanusiaan baik di lingkungan SMAN 3 Bandung maupun di luar lingkungan SMAN 3 Bandung.

SPARA

SPARA adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diajukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dan dibina oleh Sekolah SMA Negeri 3 Bandung bertujuan untuk mengembangkan rasa nasionalisme dan pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah masa berdirinya Paskibra di SMA Negeri 3 Bandung. Paskibra SMA Negeri 3 Bandung terus melahirkan prestasi dan kebanggaan, salah satunya adalah terpilih menjadi Paskibraka tingkat Kota dan Provinsi (Purna Paskibraka Indonesia)

EKSTRAKULIKULER PILIHAN

DKM AL-FURQAN

DKM Al Furqan adalah organisasi yang berada di SMAN 3 Bandung. Tujuan DKM Al Furqan SMAN 3 Bandung adalah terwujudnya komunitas SMA Negeri 3 Bandung yang berpegang teguh pada Dinul Islam. Berangkat dari tujuan itu, maka DKM Al Furqan bertanggung jawab penuh terhadap perwujudan peradaban yang islami di SMAN 3 Bandung. Setiap elemen DKM Al Furqan mempunyai tanggung jawab atas terwujudnya tujuan DKM Al Furqan SMAN 3 Bandung tersebut. Al Furqan adalah lembaga dakwah di SMAN 3 Bandung yang didasari ilmu pengetahuan, ukhuwwah, dan tarbiyah.DKM AF didirikan pada tahun 1987.

KSK

KSK (Keluarga Siswa/i Katolik) Keuskupan Bandung adalah suatu komunitas bagi siswa-siswi SMA Negeri dan SMA non-Katolik di Keuskupan Bandung. KSK merupakan wadah yang tepat bagi kaum muda Katolik untuk berkumpul bersama teman-teman seiman serta melakukan banyak kegiatan positif dalam upaya memperteguh iman pribadi.

 JAMADAGNI

Perhimpunan Penjelajah Alam Jamadagni Bandung (JMD) adalah Organisasi Pecinta Alam yang didirikan pada 19 Juli 1978, di SMAN Belitung Bandung (kini menjadi SMAN 3 Bandung).

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PPA Jamadagni meliputi pendakian gunung, Olahraga Arus Deras (ORAD), dan Rock Climbing. Dengan Jamadagni, para pelajar terus mengembangkan banyak potensi diri yang tidak didapat pada pendidikan formal.

TRILOGI

Tim Riset, Olimpiade, dan Teknologi SMAN 3 Bandung

SPeD

SPeD merupakan ekstrakurikuler yang berfokus pada pengembangan minat dan bakat di bidang seni RETORIKA (seni bahasa) serta sebagai wadah bagi siswa/i yang gemar dan mau belajar seni bahasa untuk mengekspresikan diri lewat kemampuan bicara yang sopan, tegas, dan percaya diri. Bicara menjadi karakter utama, oleh karena itu, SPeD menjadikan debat, public speaking, dan RASTA (Radio Sekolah Tiga) sebagai representasi dari seni RETORIKA (seni bahasa).

 

ALGA

ALGA (Aktivis Lingkungan Tiga) merupakan salah satu ekstrakurikuler dibawah OSIS SMAN 3 Bandung. Diciptakan 11 Januari 2016 oleh Kang Ardian dkk. Sesuai dengan namanya, ekstrakurikulerini berbasis dengan lingkungan. Kami memfokuskan pada bagian hewan dan tumbuhan yang merupakan komponen penting pada lingkungan.

OMK

OMK merupakan pengembangan dari ekskul manajemen yang sudah ada sebelumnya, yaitu Koperasi Mitra Siswa (KOMISI 3). Dengan pengembangan ini, pembelajaran yang ada tidak hanya mencakup tentang manajemen koperasi, namun juga kewirausahaan/entrepreunership.

LISTEN

Pelayanan Siswa Kristen atau yang biasa kita ketahui sebagai “Listen” merupakan salah satu ekstrakulikuler yang berada di SMA Negeri 3 Bandung. Ekstrakulikuler di bidang keagamaan ini bersifat wajib untuk diikuti oleh seluruh siswa/i yang beragama Kristen Protestan. Listen memiliki sebuah slogan yang berbunyi “Saved to Serve” yang berarti bahwa selain mempelajari Firman Tuhan bersama, Listen menyiapkan pribadi-pribadi yang takut akan Tuhan untuk melayani sesama.

UBBAS 3

UBBAS adalah eskul yang mewadahi dan mengembangkan minat dan bakat siswa siswi dalam bidang olahraga basket. UBBAS memiliki jadwal latihan rutin seminggu sekali di lapangan bali hari Kamis sepulang sekolah. Juga mengikuti turnamen atau lomba basket resmi antar sekolah yang sudah disetujui oleh PERBASI dan apabila ada lomba atau turnamen, latihan biasanya menjadi 2-3 kali dalam seminggu.

BELITUNG MUDA 3

Belitung muda atau seringkali disingkat BM adalah ekstrakulikuler futsal dan sepak bola di SMAN 3 Bandung. Belitung Muda didirikan pada tahun 1984. BM berlatih setiap hari jumat di Lapangan Bali pada pukul 15.30. BM memiliki beberapa program kerja, bukan hanya latihan saja. BM memiliki program kerja seperti BM Cup dan Liga BM setiap tahunnya.

BADMINTON CLUB

Badminton Club 3 adalah salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 3 Bandung. Sesuai dengan visinya, ekstrakurikuler ini didirikan dengan tujuan sebagai wadah bagi siswa/siswi yang ingin belajar dan menyalurkan potensi di bidang olahraga bulutangkis.

Nihongo Kurabu 3 

Nihongoo Kurabu 3 adalah salah satu Ekskul yang berkaitan/berhubungan dengan ekskul di bidang ilmu yang berada di SMA Negeri 3 Bandung, Ekskul ini sudah mencapai 21 angkatan dan kami (NK3) melakukan kegiatan pembelajaran (benkyou) yang mencakup bahasa dan budaya Jepang. Seperti Shuuji, Odori, Manga, dan Geemu (Game)

FOSTER 

FOSTER adalah eskul yang mewadahi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam olahraga softball. FOSTER memiliki jadwal latihan paling sedikit satu kali setiap minggunya di Lapang Bali atau di Lodaya, setelah pulang sekolah. Selain itu juga FOSTER selalu mengikuti beberapa turnamen seperti RedFox National Championship dan lainnya. Untuk prestasi FOSTER pernah meraih juara 1 Nasional tahun 2009 untuk Sofball Putri dan Runner Up Turnamen Pelajar Nasional 2016 di Jakarta.

TILOE’S THEATER 

T’ST dibentuk dari intelegensia, ide kreatif dan inisiatif ANGKATAN 1998 SMA NEGERI 3 BANDUNG, yang dikenal sebagai ANGKATAN PENDIRI T’ST dan secara DE FACTO , T’ST diresmikan pada tanggal 1 APRIL 1997 ( APRIL FOOLS DAY) . TST juga adalah salah satu ekskul yang termasuk dalam bidang seni di SMAN 3 Bandung, yang mampu untuk mewadahi kreativitas siswa dalam bidang seni serta menghibur sesama.

KELOMPOK VOKAL 3

KV3 merupakan ekskul yang berada di SMAN 3 Bandung. KV3 sendiri merupakan singkatan dari Kelompok Vokal 3.

Ekskul KV3 bertujuan untuk mewadahi bakat bernyanyi dari siswa siswi SMAN 3 Bandung melalu latihan berkelompok dan dibina oleh pelatih.

LINGKUNGAN SENI SUNDA 3 

Lingkung seni sunda merupakan salah satu ekstrakurikuler SMAN 3 Bandung yang berisi kegiatan para siswa/siswi dalam kesenian yang bergerak aktif dalam melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. Ekskul LSS ini memiliki divisi seni yang membidangi dua bidang sekaligus yaitu tari dan gamelan sunda.

MUSIK KLASIK 3

Musik Klasik 3 adalah ekstrakulikuler yang bergerak di bidang seni musik, khususnya musik klasik. Musik Klasik 3 didirikan pada tanggal 12 Februari 2001 oleh siswa-siswi SMAN 3 Bandung yang memiliki minat dan bakat dalam bermain musik klasik.

 

BAND 3

Band 3, dari namanya sudah dipastikan merupakan ekstrakurikuler musik . Berdiri sejak dahulu, belum pernah duduk. Band 3 angkatan 3’2022 memiliki nama DinSon.

KELUARGA PADUAN ANGKLUNG 3 (KPA 3)

KPA3 merupakan singkatan dari Keluarga Paduan Angklung 3, dibentuk pada tanggal 4 Oktober 1980. KPA3 sudah melaksanakan 15 Konser Orkestrasi Angklung (KOA) yang dilaksanakan di berbagai kota seperti Bandung, Jogja, Jakarta, dan Singapore. Selain itu KPA3 mempunyai program Expand the Sound of Angklung (ESA) yaitu menyebarluaskan angklung dan filosofinya secara global. ESA telah
dilaksanakan di negara Jerman, Belanda, Austria, dan Jepang. Tidak hanya itu, KPA3 juga punya berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

SANGGAR SENI RUPA 3

SSR 3 atau Sanggar Seni Rupa 3 adalah salah satu ekstrakurikuler
yang ada di SMAN 3 Bandung yang menekuni bidang seni rupa.
Kegiatan yang biasa kami lakukan adalah mendekor acara-acara
yang ada di sekolah, seperti Naga Bonar, Doa Bersama, Edu
Passion dan Festival Budaya. Warna Ekskul SSR 3 adalah warna coklat.

MOVIE PRODUCTION 3 (MP3)

MP3 atau Movie Production 3 merupakan suatu eskul di SMAN 3 Bandung yang berfokus pada bidang sinematografi.

Terdapat 3 divisi di MP3, yaitu :

  1. Videografi

Videografi bertugas untuk merencanakan proses pembuatan film dari segi kreatif, dan bertanggung jawab dalam proses pra produksi film.

  1. Digital Engineering

Digital Engineering bertugas untuk melakukan editing project-project MP3.

  1. Dokumentasi

Dokumentasi bertugas menjadi dokumentator kegiatan-kegiatan MP3, dan menjaga kit dan alat dokumentasi MP3.

JELEMA POTRET TILU (JEPRET)

Jepret didirikan untuk memfasilitasi siswa-siswi yang berminat atau mempunyai bakat dalam bidang fotografi. Di ekskul ini kita akan berbagi pengalaman serta ilmu berkaitan dengan fotografi dan hal-hal yang menyangkut tentang foto. Diharapkan siswa-siswi SMAN 3 BANDUNG dapat menumpahkan minat dan bakatnya di bidang fotografi ini melalui ekskul JEPRET.

STUDENT ENGLISH FORUM (SEF)

SEF (Student English Forum) is a space where its members are able to talk freely with each other about many things (global issues, school problems, etc.) in order to strengthen bonds and get to know each other better. SEF consists of three divisions. They are Speech Division, Storytelling Division, and Debate Division. SEF member should choose a division or more. SEF has many activities, such as First Meet, Open Forum, Initiation, Weekly Training, Late Night Talks, SEF Future Leaders, and more.