Pada tanggal 19 Januari 2022, SMAN 3 Bandung menggelar acara Edupassion : Arkaraswa. Edupassion : Arkaraswa merupakan acara yang diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan beberapa perguruan tinggi bagi  murid SMAN 3 Bandung yang ingin melanjutkan ke tingkat selanjutnya.

Acara ini dimeriahkan oleh 16 perguruan tinggi, baik swasta, negeri, dan luar negeri. Namun karena Covid-19 acara ini mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Tahun lalu edupassion dilaksanakan secara full daring dengan menggunakan media zoom sebagai perantara. Namun pada tahun ini, karena kondisi pandemi sedang mereda, edupassion dapat dilakukan secara hybrid.

Pelaksanaan edupassion ini sedikit mengecewakan, tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Kekecewaan terasa pada saat talk show sedang berlangsung karena eksekusi dari pihak OSIS yang seperti kurang persiapannya dan juga pada bagian talk show mereka hanya mengundang PTS sedangkan sebagian besar siswa lebih memilih masuk PTN.

Dalam pre-event mereka menghadirkan Universitas-universitas swasta bergengsi. Para siswa dapat langsung mengunjungi stan pameran yang sudah disediakan untuk menanyakan untuk menanyakan tips-tips atau keadaan dari universitas tersebut, hal ini merupakan kesempatan besar bagi siswa yang ingin mendaftarkan diri kepada PTS tersebut.

Pelaksanaan hari puncak edupassion menampilkan sosiali dari PTN-PTN terkenal, sekitar dua ratus orang berpartisipasi dalam acara ini. Acara dilanjutkan dengan menampilkan talkshow  dengan menghadirkan Parama Suteja, penerima beasiswa penuh S2  University of Harvard dan beasiswa di 11 universitas terbaik di Amerika. Talk show di hari puncak ini juga menampilkan perkenalan dari PTN-PTN terbaik dengan memperkenalkan program studi dan biaya yang terkain dengan program tersebut.

Edupassion 2022: Arkaraswa sangan bermanfaat bagi siswa SMA Negeri 3 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dengan mendapatkan informasi yang sangat berharga mengenai perguruan tinggi dan mengenai ujian yang akan datang. Walaupun tidak sesuai ekspetasi yang siswa harapkan.