Jum’at 18 Maret 2022, SMA Negeri 3 Bandung melaksanakan simulasi Ujian Sekolah yang diikuti oleh peserta didik tingkat 3 SMA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan diadakannya kegiatan doa Bersama warga SMA Negeri 3 Bandung. Kegiatan ini dijalankan dengan bertujuan meminimalisir error dan gangguan pada hari pelaksanaan Ujian Sekolah. Hal ini sangat penting karena Ujian Sekolah sendiri merupakan kegiatan utama yang menentukan peserta didik tingkat 3 SMA di SMA Negeri 3 Bandung. Ujian Sekolah yang dimaksud itu sendiri pun sebenarnya dibagi menjadi beberapa tahap, bagian yang disimulasikan merupakan bagian tes akademik.

Kegiatan simulasi direncanakan dimulai pukul 10.00 pagi dengan rentang waktu direncanakan sekitar 2 jam. Simulasi Ujian Sekolah dilaksanakan setelah kegiatan doa Bersama. Tidak sesuai perkiraan, kegiatan doa Bersama selesai lebih cepat dari perkiraan yang mempengaruhi waktu dimulainya simulasi. Kegiatan doa Bersama selesai pukul 09.00 sehingga kegiatan Simulasi Ujian Sekolah dipercepat waktu pelaksanaannya dan mulai dilaksanakan pukul 9.30.

Kegiatan simulasi ujian sekolah dilaksanakan di ruang kelas masing-masing. Setiap siswa diharapkan membawa laptop/notebook masing-masing. Koneksi internet yang digunakan disediakan oleh pihak sekolah dan tidak diperkenanknan menggunakan koneksi internet pribadi. Untuk siswa yang tidak memiliki device yang diperkenankan untuk ujian sekalipun mendapat fasilitas yang diperlukan dengan menjalankan simulasi dan ujian nanti di Lab. Komputer. Siswa yang mengikuti simulasi ujian sekolah di labkom akan didata dan nanti dibagi agar saat Ujian Sekolah tiap labkom tidak melebihi jumlah 20 siswa tiap-tiap ruangnya.

Kegiatan simulasi berjalan lancar dengan memastikan kelancaran Ujian Sekolah jika tidak ada masalah yang tidak terduga. Saat simulasi sendiri terdiri dari 45 soal dengan berisikan beberapa mata pelajaran. Peserta yang melaksanakan pun terbagi-bagi menjadi beberapa tipe. Ada siswa yang serius mengerjakan dan ada pula siswa yang melaksanakan dengan santai dan memfokuskan lebih ke kelancaran device yang digunakan. Kegiatan berjalan dengan lancer dan diharapkan tidak akan ada kendala berlebih pada saat pelaksanaan Ujian Sekolah nanti.