Pada momen-momen menjelang hari Ujian Sekolah, pengumuman SNMPTN, dan pelaksanaan UTBK merupakan saat di mana para siswa kelas 12 menjalani masa-masa sulitnya. Banyak siswa yang mengalami stres karena banyak tekanan yang mereka hadapi demi mencapai impian mereka masuk ke dalam perguruan tinggi yang mereka inginkan. Para siswa sibuk belajar demi mencapai nilai yang mereka impikan, namun selain belajar dengan giat tentu saja mereka harus berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pagi tadi, tanggal 18 Maret 2022, siswa dan siswi SMAN 3 Bandung mengikuti serangkaian acara kegiatan doa bersama yang diadakan oleh sekolah. Acara ini rutin diadakan setiap tahunnya oleh pihak sekolah sebelum menjalani Ujian Sekolah dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja OSIS SMAN 3 Bandung.

Tahun ini kegiatan Doa Bersama diadakan di Aula Baru SMAN 3 Bandung yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Karena acara ini berlangsung beriringan dengan pandemi Covid-19 maka acara ini pun tidak dapat dihadiri oleh seluruh siswa siswi SMAN 3 Bandung. Seluruh kelas dibagi menjadi dua kelompok siswa-siswi dan hanya salah satu kelompok yang dapat mengikuti acara tersebut secara langsung di Aula Baru SMAN 3 Bandung dan sisanya mengikuti dengan live via Zoom Meeting. Selama acara berlangsung, kegiatan berjalan secara cukup kondusif dengan menjalani Prokes yang ada. Siswa-siswi duduk berjarak dengan semua orang yang terlibat dengan acara tersebut menggunakan masker. Selain itu, sebelum memasuki ruangan, siswa-siswi diwajibkan untuk mengecek suhu badan mereka untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19.

Acara ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Diawali dari pembukaan yang dilakukan oleh pihak pengurus acara yaitu OSIS yang membuka acara tersebut dengan dua orang MC dari kelas XI, diikuti oleh sambutan resmi dari Wakasek SMAN 3 Bandung dan Kepala Sekolah SMAN 3 Bandung itu sendiri, dilanjutkan dengan acara sambutan dari alumni SMAN 3 Bandung angkatan 2014 yang mengisi acara dengan memberikan semangat kepada adik-adik angkatan yang ada dibawahnya dengan memberikan sedikit cerita tentang kariernya yang sangat memotivasi. Setelah acara yang diisi oleh alumni SMAN 3 Bandung selesai, akhirnya dimulailah acara utama yang diisi oleh seorang ustadzah untuk mengisi acara dan memimpin doa.

Dengan berlangsungnya acara Doa Bersama, SMAN 3 Bandung ini diharapkan dapat menambah semangat siswa-siswi untuk mencapai impiannya, serta dapat mendekatkan siswa-siswinya kepada Tuhan yang Maha Esa. Besar harapan agar seluruh siswa-siswi SMAN 3 Bandung dapat meraih kampus yang mereka impikan dan dengan berlangsungnya acara ini dapat membantu para siswa meraih apa yang mereka impikan. (Muhammad Rasyid Alfiano XII MIPA 4)