Meriahnya Ujian Praktek Olahraga kelas XII "Senam Aerobik"

Pada tanggal 27 Januari 2022, Bu Aan menginformasikan mengenai rencana pelaksanaan Uprak olahraga melalui perantara Koja/Koji kelas masing masing.  Dijelaskan bahwa ujian dilaksanakan secara luring di akhir bulan Februari, dengan bentuk senam Aerobik selama 12 sampai 15 menit. Pada awalnya direncanakan setiap akan dibagi menjadi 2 kelompok, tetapi dengan konsiderasi naiknya varian Omicron di kota bandung, diputuskan bahwa setiap kelompok akan terdiri atas maksimal 10 siswa/i dan bagi siswa/i yang tidak diizinkan untuk latihan berkelompok diperbolehkan untuk melaksanakan uprak secara individu.

 

Senam aerobik merupakan serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal tersebut berguna untuk memperlihatkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik. 

 

Dengan definisi itu, tentunya kita pernah menjumpai senam aerobik dalam kehidupan sehari-hari, biasanya di pagi hari minggu kita lihat bapa-bapa dan ibu ibu berkumpul dan mengikuti panduan seseorang untuk menggerakan tubuh mengikuti irama lagu.

 

Siswa/i diberikan kebebasan memilih pakaian saat pementasan, dan siswa/i harus mencantumkan absen mereka dengan menggunakan name tag, hal tersebut agar pakaian sesuai dengan estetik dari lagu. Jika lagunya seru,haruslah pakaiannya juga berwarna dan hip.

Bagaimana kami membuat sebuah Senam aerobik?

Walaupun tidak terlihat, sebenarnya senam aerobik mempunyai sebuah struktur, yaitu Pemanasan, inti, dan pendinginan. Hal tersebut dilakukan agar tubuh kita tidak “kaget” saat melakukan gerakan senam yang cukup melelahkan, dan untuk mengurangi resiko tubuh kita mengalami injury atau cedera. Dengan struktur ini kita bisa mulai membuat senam aerobik.

 

Gerakan yang dilakukan dalam senam itu terserah kita, tetapi dalam hal ini kita harus memperhatikan nilai estetika dan nilai atletik yang ditunjukan, apakah irama lagu dan gerakan sesuai? Dan apakah gerakan benar benar menggerakkan badan dan menaikan detak jantung?

Pemanasan

Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum senam aerobik supaya tidak terjadi cedera saat melakukan senam. Tujuan dari pemanasan adalah untuk menaikkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh awal, dan untuk mempersiapkan otot-otot serta persendian agar terhindar dari cedera.

 

Pemanasan bisa dilakukan selama 5-10 menit sebelum melakukan gerakan senam aerobik. Pemanasan dapat berupa jalan ditempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, menggerakkan lengan ke bawah sampai ke bagian atas, dan lainnya.

 

Kami membuat pemanasan yang berlangsung selama 4 menit dan mengikuti irama lagu intro dari kartun sinchan yaitu lagu “Crayon Shinchan opening.”

Latihan Inti

 

Gerak selanjutnya adalah latihan inti, dengan melakukan gerakan yang intensitasnya lebih tinggi dan durasi yang akan terhitung lebih lama dibanding dengan pemanasan yaitu sekitar 22-55 menit. 


Karena waktu terbatas kami hanya melakukan gerakan inti selama 6 menit

Pendinginan

Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat agar kembali menjadi normal kembali, serta untuk mengembalikan kondisi normal pada otot-otot tubuh. Durasi dalam pendinginan hampir sama seperti saat melakukan pemanasan yaitu sekitar 5-10 menit.

 

Progress rancangan sistematika senam dan kegiatan latihan setiap siswa wajib dilaporkan. Setiap minggunya, dari tanggal 9 Februari 2022 sampai sebelum hari H ujian, setiap siswa wajib merekam memperagakan gerakan senam aerobik yang sudah dirancang kelompoknya dan dikemas ke dalam Youtube. Selanjutnya, tautan video tersebut dikirimkan melalui google classroom agar dapat disaksikan dan dinilai oleh Bu Aan. Kegiatan latihan dapat dilakukan secara individu ataupun secara berkumpul berkelompok sesuai izin yang diberikan orangtua. Namun, ditekankan bahwa protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan apabila latihan dilakukan berkelompok.

 

Hingga akhirnya, sampailah kita pada penghujung bulan Februari, yaitu pelaksanaan Ujian Praktek Olahraga. Terdapat 3 hari yang dipilih menjadi waktu pengujian, yaitu 26 Februari 2022, 3 maret 2022, dan 5 maret 2022. Kegiatan berlangsung dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore dengan 1 jam ishoma setelah adzan dzuhur. Setiap harinya, ada sekitar 20 kelompok yang di uji di hadapan Bu Aan di lapang bali. Setiap kelompok tampil satu per satu sesuai jadwal yang sudah dibagikan sebelumnya, sambil disaksikan kelompok lainya yang sedang bersiap siap atau sudah melaksanakan ujian terlebih dahulu. Suasana di lokasi sangat meriah karena setiap kelompok saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Setelah selesai ujian, Setiap kelompok akan foto bersama Bu Aan sebagai dokumentasi.