SMA Negeri 3 Bandung Menghadapi SNMPTN dan SBMPTN 2022

 

Belakangan ini siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung sedang sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkaian ujian agar dapat menempuh jenjang pendidikan selanjutnya sesuai dengan minatnya masing-masing. Hal ini juga diiringi dengan mulainya rangkaian seleksi yang disediakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seleksi yang paling dinanti-nanti dan sedang berlangsung adalah Seleksi National Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tidak hanya SNMPTN, pada bulan Mei mendatang akan segera diadakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai persyaratan untuk mendaftarkan diri di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun sebelum salah kaprah mengenai kedua jalur ini, mari kita jelaskan terlebih dahulu mengenai kedua seleksi tersebut secara singkat.

 

SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru melalui undangan. Sistem seleksi SNMPTN diperkenalkan pada tahun 2008. Dengan jalur ini, siswa dapat masuk perguruan tinggi negeri tanpa harus mengikuti ujian tertulis atau UTBK. Sistem seleksi yang diterapkan pada SNMPTN adalah dengan memperhitungkan nilai atau prestasi calon mahasiswa baru selama masa studinya di SMA. Metode seleksinya dengan menghitung nilai kumulatif dari semester 1 sampai semester 5, dan nilai non-akademik seperti kejuaraan dan prestasi lainnya juga dipertimbangkan. Akreditasi sekolah asal peserta juga diperhitungkan untuk SNMPTN.

Terdapat syarat bagi peserta SNMPTN Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul:

  1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Tentu saja terdapat ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
Alur SNMPTN 2022
Alur SNMPTN 2022

 

SBMPTN – UTBK

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Awalnya, SBMPTN juga merupakan bagian dari SNMPTN. Bedanya, SBMPTN merupakan jalur yang mewajibkan calon siswa baru untuk mengikuti ujian tulis yang dikenal dengan UTBK, Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK adalah tes masuk  perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh LTMPT. LTMPT adalah satu-satunya organisasi yang menyelenggarakan ujian pendidikan tinggi berstandar di Indonesia. Nilai hasil ujian Anda menentukan penerimaan Anda ke universitas negeri.

UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Pada penghujung tahun 2021, LTMPT sudah mengumumkan kuota sekolah untuk SNMPTN. SMA Negeri 3 Bandung dengan akreditasi A mendapatkan 40% kuota dari seluruh siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Sehingga dari 287 siswa jurusan MIPA dan 73 jurusan IPS, sebanyak 115 siswa MIPA dan 30 siswa IPS berhak mengikuti SNMPTN. Dari kuota yang diberikan oleh LTMPT, pihak sekolah pun segera menetapkan siswa yang eligible sesuai dengan nilai rapot lima semester dan ranking paralel. Di akhir Januari 2022, guru bimbingan konseling bekerja sama dengan kurikulum sekolah menetapkan dan mengumumkan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN. Bagi siswa yang mendapatkan kesempatan bersaing di SNMPTN akan difasilitasi untuk berkonsultasi dengan guru-guru BK dalam menentukan pilihan satu dan pilihan dua SNMPTN. Konsultasi ini berlangsung hingga hari penutupan SNMPTN pada 28 Februari 2022. Tepat pada hari penutupan pendaftaran SNMPTN, seluruh siswa eligible sudah mendaftarkan diri di SNMPTN. Pengumuman SNMPTN akan diumumkan pada 29 Maret 2022. Informasi selengkapnya dapat dilihat di website resmi LTMPT.

Perjalanan siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung tidak berhenti sampai SNMPTN. Banyak siswa-siswi baik yang eligible maupun yang tidak eligible sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK. UTBK sendiri terdiri dari dua tes utama yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Berbeda dengan UTBK 2021, tahun ini TPS terdiri dari lima subtes yakni  Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, serta Tes Bahasa Inggris. Sementara itu TKA tetap sama yakni Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi bagi jurusan MIPA serta Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi bagi jurusan sosial. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai peserta SBMPTN 2022, salah satunya adalah jadwal pelaksaan. Dilampir dari situs resmi LTMPT, registrasi akun LTMPT bagi peserta UTBK akan dimulai dari 14 Februari hingga 17 Maret 2022 dan pendaftarannya sendiri dimulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022. UTBK tahun ini terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 17 hingga 23 Mei 2022. Disusul dengan UTBK gelombang kedua pada 28 Mei hingga 03 Juni 2022. Hasil dari ujian ini akan diumumkan pada 23 Juni 2022.

Melihat dari jadwal yang diberikan oleh LTMPT, bisa dikatakan bahwa UTBK ini sudah dalam waktu yang sangat dekat. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri baik secara materi maupun rohani untuk mengadapi UTBK. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti:

  1. Membuat Target atau Rencana Belajar. Pertama, Anda mengelompokkan mata pelajaran dan materi yang kurang dipahami. Prioritaskan yang sulit dipahami atau yang memiliki jumlah sub-bab terbesar. Jadi Anda masih punya cukup waktu untuk mengejar ketinggalan. Kemudian Anda membagi materi tersebut  menjadi beberapa bagian. Kemudian tinggal mengatur jadwal belajarnya.
  1. Pahami Konsep. Kesalahan siswa selama belajar adalah menghafal, bukan memahami konsep. Anda harus ingat bahwa soal UTBK sangat berbeda dengan soal PTS atau PAS. Jenis soal yang diberikan juga akan berbeda setiap tahunnya. Yang Anda butuhkan bukanlah hafalan, tetapi alasan dan logika untuk memahami konsep dasar subjek. Saat mengerjakan TKA Saintek, pastikan Anda memahami konsep matematika dasar seperti aljabar, algoritma, probabilitas, eksponen, dan banyak lagi. Sedangkan untuk menguasai TKA Soshum, Anda bisa  membuat peta konsep. Urutkan dari topik utama, kemudian subtopik, hingga yang paling intensif dan mendalam.
  1. Perbanyak Latihan Soal dan Tryout. Dengan mengerjakan soal latihan UTBK, Anda dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi. Atau, simulasi tes UTBK juga bisa menjadi simulasi UTBK yang sebenarnya. Semakin sering Anda mengerjakan soal, Anda akan semakin terbiasa menangani berbagai jenis soal.
  1. Fokus, Disiplin, dan Istirahat. Pertama, ingatlah bahwa tujuan utama Anda adalah masuk ke universitas negeri. Kedua, temukan tempat yang nyaman dan membantu Anda fokus. Ketiga, pahami gaya belajar Anda. Apakah visual, auditori atau kinestetik? Apakah Anda lebih suka belajar dengan gambar, dengan mendengarkan atau dengan teman? Terakhir, jangan lupa istirahat. Tubuh dan pikiran Anda juga perlu istirahat dari berpikir.
  1. Siapkan Mental. Pikiran dan mental adalah faktor keberhasilan utama dalam UTBK. Banyak dari kita terlalu banyak berpikir dan akhirnya membuang-buang waktu untuk memikirkan kegagalan daripada kesuksesan. Insecurity Anda tidak akan membantu. Fokus pada apa yang ingin Anda capai. Lulus atau tidak adalah masalah belakangan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa.

Tidak lupa untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan YME agar mendapatkan kemudahan dan kelancaran selama proses ujian berlangsung. Semoga pada tahun 2022, seluruh siswa SMA Negeri 3 Bandung dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang diinginkan dan dapat mengejar cita-citanya!