Arkaraswa, Acara Terbesar SMA Negeri 3 Bandung di Awal Tahun

Sejak Rabu, 19 Januari 2022 lalu, OSIS SMA Negeri 3 Bandung kembali melaksanakan acara tahunan Edupassion, yaitu Arkaraswa. Edupassion merupakan salah satu program kerja OSIS yang berfokus pada akademik dan perencanaan ke jenjang perguruan tinggi untuk kelas dua belas. Edupassion sudah dilaksanakan dari beberapa tahun lalu. Akan tetapi, munculnya pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan Edupassion sempat terhambat. Edupassion 2021 merupakan Edupassion pertama yang melakukan adaptasi dengan pelaksanaan secara daring menggunakan media Zoom Meeting.

Tahun ini, OSIS SMA Negeri 3 Bandung berhasil mengundang banyak pihak, seperti Unisba, Binus University, Telkom University, dan Universitas Pasundan. Ada juga lembaga pendidikan yang berfokus pada perguruan tinggi luar negeri, yakni Wallstreet English, IDP Education, College Into University of Manchester, dan perwakilan dari Harvard University. Sebagai menu utama dalam acara ini ada banyak PTN yang hadir untuk memeriahkan jalannya acara. ITB, Unpad, UI, Universitas Brawijaya, dan UGM sukses menaikkan tensi meriahnya acara. Hal ini sukses membuat siswa dan siswi menghampiri tenda setiap perguruan tinggi untuk bertanya dan berbincang seputar kehidupan sebagai mahasiswa.

Penulis pun mengakui bahwa acara Arkaraswa adalah acara yang sukses diselenggarakan walaupun kita masih dihantui dengan bahayanya virus korona. Konsep hybrid yang diusung oleh OSIS terasa menjadi angin segar setelah dua tahun ini kita harus terpisah oleh layar monitor untuk berkomunikasi. Protokol kesehatan pun tetap terjaga dan memastikan bahwa penyebaran virus korona dapat diatasi.

Tahun ini setiap pihak yang diundang oleh SMA Negeri 3 Bandung akan memiliki dua kesempatan untuk mempromosikan dirinya. Setiap pihak akan menempati bootcamp yang telah disiapkan oleh OSIS. Di bootcamp ini setiap pihak diberikan kebebasan untuk membuat bootcamp semenarik mungkin. Ada bermacam suvenir yang siap diberikan kepada siswa-siswi. Kedua. Ada juga presentasi yang dilakukan via Zoom Meeting oleh masing-masing pihak. Di Zoom Meeting ini setiap pihak dapat memperkenalkan dirinya secara lebih luas. Seperti yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), mereka membuat breakout room untuk setiap fakultas dan prodi memberikan presentasi terkait latar belakang fakultas hingga mata kuliah yang akan diajarkan.

Penulis berharap kegiatan Edupassion ini akan membantu siswa-siswi terkhususnya kelas dua belas menemukan kampus impiannya dan menjadikan motivasi agar lebih giat belajar untuk persiapan UTBK.

Disunting oleh Raptanta Hanantara Namariyan