SMA Negeri 3 Bandung

Edupassion 2022: Arkaraswa, Membantu Meraih Masa Depan

Pada hari Rabu, 19 Januari 2022 hingga Senin, 24 Januari 2022, SMA Negeri 3 Bandung mengadakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan untuk siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung yang berada di kelas XII (12). Acara ini adalah Edu Passion, judul tahun ini adalah Arkaraswa.

Arka dari Arnawama yang berarti samudera dan Adikara yang berarti sepanjang masa, lalu ras yang diambil dari kata Saraswati (pengetahuan) dan wa dari kata Anwa (kemauan yang kuat).

Maka jika digabung, Arkaraswa berarti pengetahuan seluas samudera harus dicari dengan keinginan yang kuat sepanjang masa.

 

Edu Passion: Arkaraswa sendiri merupakan program kerja dari OSIS 69 SMA Negeri 3 Bandung. Dengan tagline:

Learn with Passion to

Live with Destination

semoga dengan adanya kegiatan Edupassion Arkaraswa 2022 ini, akang dan teteh kelas 12 semakin mantap dalam menentukan universitas dan fakultas pilihan, serta dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk akang dan teteh”, ucap Rafeifa selaku ketua  pelakasana Edupassion 2022.

Kegiatan Main Event Edupassion dimulai pada pukul 07.00 WIB di SMA Negeri 3 Bandung. Sebelum memasuki inti acara, peserta diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan, “Indonesia Raya” dan berdoa. Tak berselang lama, peserta dibawa masuk ke dalam rangkaian acara. Permulaan acara dimulai dengan kata sambutan dari Bapak Kepala Sekolah, Komite IKASMA, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat. Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan penampilan yang memukau dari LSS SMA Negeri 3 Bandung.

Setelah itu, sesi dilanjutkan dengan sosialisasi fakultas dalam breakout room Zoom. Sosialisasi yang pertama diisi oleh 13 Fakultas, diantara lain Kedokteran UNPAD, FAPSI UNPAD, FTTM ITB, FKG UNPAD, SBM ITB, FTI ITB, SF ITB, FTMD ITB, SAPPK ITB, FMIPA ITB, College INTO University of Manchester, FSRD ITB, dan ITS (Umum). Kegiatan Sosialisasi ini dapat diikuti oleh siswa/i Saintek maupun Soshum, namun tetap memperhatikan penjurusan fakultas yang dipilih. Sosialisasi ini berisikan tentang Tur kampus, pengenalan lingkungan kampus dan fakultas, berbagai macam prodi hingga organisasi yang terdapat dalam fakultas tersebut.