SMA Negeri 3 Bandung

Festival Budaya 2021 Gayapatri Jadi Wadah Pelestarian Budaya Indonesia

Festival Budaya Gayapatri yang diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober 2021 oleh OSIS LXVIII SMA Negeri 3 Bandung berhasil menyajikan beragam pertunjukan spektakuler budaya Indonesia untuk warga tiga dan masyarakat setempat. Hal ini terwujud melalui kerja sama dengan Bank BJB, MK Production dan Masimuda Creative.

 

Festival Budaya Gayapatri, yang merupakan program kerja insidental seksie 8 OSIS LXVIII SMA Negeri 3 Bandung, digelar untuk mengenalkan, melestarikan, tan meningkatkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia kepada seluruh kalangan masyarakat. Festival ini mengangkat tema pandawa lima dan menampilkan pertunjukkan yang menarik, seperti wayang, upacara adat, fashion show dengan tema budaya, guest star, dan drama musikal. Festival ini pun dimeriahkan oleh Ardhito Pramono dan Club Dangdut Racun.

Gayapatri sendiri memiliki makna dari dua bahasa sanskerta, yaitu gayatri yang berarti memiliki warna keanggunan juga kewibawaan dan prapti yang artinya kekuatan untuk menghasilkan sesuatu. Lalu, festival ini memiliki tagline:

Abirupa Samasta Nusantara.

“Festival Budaya Gayapatri hadir untuk terus menyebarkan, khususnya kepada masyarakat Indonesia, bahwa budaya Indonesia harus tetap dilestarikan. Festival ini mengajak rekan-rekan SMA untuk selalu ingat kepada budaya sendiri”, ucap Andhika Prasetya selaku ketua OSIS LXVIII.

Ketua pelaksana Festival Budaya 2021 Gayapatri, Dewita I. A.,  mengatakan bahwa sebuah bangsa tanpa budaya akan terasa seperti lautan yang hampa. Oleh karena itu, Dewita selaku ketua pelaksana berharap agar budaya Indonesia yang kian luntur dapat kembali tumbuh melalui festival ini.